Iklan

Ini Profil Lengkap Dari Marie Thomas Yang Berada Di Doodle Google Hari Ini

Liputan Harian 21
Rabu, 17 Februari 2021 | Februari 17, 2021 WIB Last Updated 2021-02-17T08:47:47Z

Marie Thomas Doodle Google
 

Liputanharian21.com, Lampung - Pada hari Rabu (17/2/2021) Google mengeluarkan doodle yang baru yang akan ditampilkan di halaman utama pencarian Google.

Pada hari ini Google menampilkan sosok dokter wanita yang sedang menggendong bayi dengan latar belakang bertulisan Google dan terdapat lampu untuk perawat pasien, siapakah sosok tersebut ? 

Ternyata sosok tersebut adalah Marie Thomas yang merupakan dokter wanita pertama di Indonesia. Alasan Google memilih Marie Thomas sebagai doodle yang menghiasi halaman utama pencarian google di karenakan pada hari ini adalah hari kelahiran dari Dr. Marie Thomas. 


Profil Lengkap Marie Thomas

Profil Lengkap Marie Thomas
Marie Thomas adalah dokter wanita pertama di Indonesia yang lahir di  Likoepang, Minahasa di Celebes, Sulawesi Utara, saat itu masih Hindia Belanda, yakni pada 17 Februari 1896.

Ayah Marie Thomas adalah seorang tentara yang bernama Adriaan Thomas dan Ibu bernama Nicolina Maramis. 

Untuk mendapatkan ilmu kedokterannya Marie Thomas masuk di Sekolah Dokter  Dokter Tot Opleiding Van Indian (STOVIA)  di Batavia  atau sekarang di kenal dengan Jakarta. Terpilihnya Marie masuk ke STOVIA dikarenakan mendapatkan bantuan dari temannya yang sesama dokter  asal Belanda yang bernama  Aletta Jacob.

Aletta Jacob ini berhasil mendesak Gubernur Jenderal A.W.F. Idenburg agar perempuan pribumi boleh menempuh pendidikan kedokteran di STOVIA dengan usaha yang sangat keras sehingga Marie Thomas berhasil masuk ke STOVIA langsung mendapatkan beasiswa dari Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen (SOVIA).

Di lansir dari Kompas.com  SOVIA adalah organisasi pembentukan dana studi yang digunakan untuk pendidikan  pendidikan dokter Hindia Wanita

Setelah berhasil menempuh pendidikan kedokteran di STOVIA Marie Thomas bertemua dengan calon suami nya yaitu Mohammad Yoesoef yang kedepannya mereka akan menikah dan melahirkan seorang putra dan putri.

Setelah selama 10 tahun Marie menempuh pendidikan kedokteran STOVIA tepata pada tahun 1922 Marie dan Mohammad Yoesoef berhasil lulus dengan nilai memuaskan. 

Kelulusan Marie Thomas ini sampai masuk ke dalam berita Belanja : Rotterdamsche Nieuwsblad yang dimana mereka menjuluki Marie sebagai "Pelopor. 

 Aktif Dalam Organisasi


Setelah lulus dari sekolah kedokteran di STOVIA Marie dengan sang suami bergabung di organisasi Persatoean-Minahasa (United Minahasa) organisasi yang didirikan pada tahun 1927 ini mempunyai tujuan yaitu mendukung Indonesia federal menjamin identitas dan otonomi Minahasa.

Setelah tiga bulan bergabung di organisasi Minahasa maka Marie keluar dari organisasi tersebut lalu pindah ke Fort De Kock di Bukit Tinggi Sumatera setelah menikah dengan Mohammad Yoesoef. 

Lalu pada tahun 1940 Marie Thomas menjadi bendahara Ikatan Dokter Indonesia (IDI) selama satu tahun. 

Sebelum Marie bergabung dengan United Minahasa maka Marie Thomas bekerja di Rumah Sakit Sipil Pusat (CBZ) di Batavia. 

Marie Thomas juga merupakan seorang asisten dokter bernama Nicolaas JAF Boerma, dia mengkhususkan diri dalam bidang kebidanan, dan karenanya dapat dianggap sebagai ginekolog Indonesia pertama.

Suka Membantu 


Marie Thomas bukan hanya dokter yang cerdas dan aktif di organisasi, Marie juga suka membantu dalam menangani pasien - pasien yang ingin melahirkan di kampungnya, jika pasien tersebut dalam kesusahaan maka Marie akan membantunya secara gratis. 

Tidak hanya membantu pasien yang tidak mampu, Marie dan asistennya rela berjalan dari satu kampung ke kampung yang lain untuk membantu orang yang tidak bisa membayar jasa dokter. 

Pada tahun 1950 Marie bersama suaminya mendirikan sekolah kebidanan di Bukit Tinggi agar warga di kampungnya mempunyai keahlian dalam bidan yang kedepannya dapat membantu warga yang ingin melahirkan. 

Selama 16 tahun mengajar dan bekerja di rumah sakit yang ia bangun tepat pada usia 70 tahun Marie Thomas meninggal dunia pada tahun 1966 akibat pendarahan otak. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Profil Lengkap Dari Marie Thomas Yang Berada Di Doodle Google Hari Ini

Trending Now

Iklan