Iklan

Makanan Dan Ramuan Alami Yang Baik Di Konsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Liputan Harian 21
Jumat, 19 Februari 2021 | Februari 19, 2021 WIB Last Updated 2021-02-20T04:41:22Z

Penderita Asam Lambung

LIPUTANHARIAN21.COM, Lampung - Bagi yang mempunyai riwayat penyakit asam lambung yang tiba - tiba kambuh harus berhati - hati untuk penderita asam lambung jika ingin mengonsumsi makanan ataupun minuman jika asal - asalan mengonsumsi bisa menyebabkan asam lambung menjadi kambuh kembali.

Di lansir dari LIPUTANBERITA21.COM Terdapat makanan atau minuman yang sebaiknya di hindari bagi penderita asam lambung yaitu kopi, coklat, alkohol, makanan pedas, makanan berlemak dan makanan berminyak karena makanan tersebut dapat memicu asam lambung kambuh lagi bagi penderita asam lambung.

BACA JUGA : Penyebab Bisa Terkena Asam Lambung

Tetapi ada juga makanan yang dapat di konsumsi bagi penderita asam lambung, apa saja makanan tersebut ?

Makanan Yang Baik Untuk Di Konsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Berikut ini makanan - makanan yang baik untuk di konsumsi :

1. Pisang

Pisang Penderita Asam Lambung


Pisang adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan mengonsumsi 2 buah pisang sudah membuat perut menjadi kenyang dikarenakan di dalam pisang memiliki kandungan sebanyak 23 gram.


Pisang bukan baik untuk di konsumsi untuk orang sehat tetapi juga bagi penderita asam lambung karena pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 sehingga aman untuk di konsumsi bagi penderita.

2. Roti

Roti Penderita Asam Lambung

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

3. Sayuran Hijau

Sayuran Sehat Penderita Asam Lambung

Sayuran merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk semua orang karena dengan banyak mengonsumsi sayur - sayuran dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar karena di sayuran membeli banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti nutrisi, potasium, asam folat, serat makanan, vitamin A, vitamin E, vitamin C. 

Sayuran ini juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung terutama pada sayuran hijau karena dengan mengonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi asam lambung dan melancarkan sistem pencernaan.

4. Daging Rendah Lemak

Daging Tanpa Lemak

Bagi penderita jika ingin memakan daging masih diperbolehkan, daging juga merupakan kebutuhan bagi tubuh. Tetapi untuk penderita asam lambung jika ingin mengonsumsi daging harus lebih berhati - hati karena daging memiliki lemak yang tinggi yang bisa membuat memicunya asam lambung kambuh kembali.

Bagi penderita disarankan untuk memilih daging yang rendah lemak seperti dada ayam, kaki kambing, kalkun putih dan tanpa kulit. lalu untuk terhindar dari minyak atau berlemak cara memasak dagingnya harus dipanggang, direbut, dikukus atau dibakar.  

5. Jahe

Jahe untuk Penderita Asam Lambung

Dari jaman dahulu jahe sudah dikenal sebagai ramuan alami yang memiliki banyak sekali manfaat seperti menyembuhkan penyakit, membuat badan sehat, menurunkan darah tinggi, menurunkan berat badan dan masih banyak lainnya.

Bagi penderita asam lambung atau maaf disarankan untuk mengonsumsi jahe karena jahe memiliki kandungan antiradang yang sangat baik untuk menurunkan penyakit asam lambung maupun maag. Untuk mengonsumsi jahe ini bisa dijadikan minuman atau dicampurkan ke dalam masakan.

6. Oatmeal

Oatmeal sehat

Oatmeal adalah makanan yang sangat baik untuk penderita asam lambung dan tidak hanya memiliki serat dan karbonhidrat yang banyak. Oatmeal ini juga dapat membantu menurunkan asam lambung sehingga dapat meredakan gejala refluks asam lambung, oatmeal ini bisa dikonsumsi sebagai sarapan dan makanan sehari - hari. 

7. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan.

Tidak hanya makanan yang sehat yang baik untuk di konsumsi bagi penderita asam lambung terdapat juga ada ramuan alami yang dapat menurunkan asam lambung, apa aja ?

  1. Licorice atau akar manis
  2. Marshmallow
  3. Teh Chamomile
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Makanan Dan Ramuan Alami Yang Baik Di Konsumsi Bagi Penderita Asam Lambung

Trending Now

Iklan