Iklan

Cara Terhindar Dari Asam Lambung Yang Naik

Liputan Harian 21
Selasa, 16 Februari 2021 | Februari 16, 2021 WIB Last Updated 2021-02-20T04:42:00Z

Penyakit Asam Lambung

Liputanharian21.com, Lampung - Lambung mempunyai peran penting bagi tubuh manusia dengan adanya asam lambung maka tubuh bisa mencerna makanan dengan baik. Tapi berbeda jika asam lambung mencerna makanan secara berebihan yang dapat mengakibatkan asam lambung akan naik.

Di lansir dari Liputanberita21.com Terdapat ciri - ciri jika asam lambung naik yaitu mulut akan merasakan asam, perut sakit, perut nyeri dan bahkan sampai merasakan mual. Untuk meredakan rasa nyeri akibat dari asam lambung naik bisa mengonsumsi obat berdasarkan resep dokter.

BACA JUGA : Penyebab Bisa Terkena Asam Lambung

Tetapi obat tersebut hanya untuk sementara untuk meredakan asam lambung yang naik, obat paling ampuh adalah dari diri orang tersebut. Tetapi untuk yang belum mengalami asam lambung naik ada beberapa cara agar terhindar dari asam lambung anda naik.

Cara Terhindar Dari Asam Lambung Naik

Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan

Asam Lambung Naik


Salah satu penyebabnya terjadinya asam lambung naik dikarenakan mengonsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan seperti kacang, makanan yang digoreng, ikan dan makanan yang terbuat dari susu.

Dikarenakan mengonsumsi makanan berlemak yang berlebihan sehingga menyebabkan asam lambung tidak bisa bekerja dengan baik dalam mencerna makanan berlemak tersebut akhirnya menyebabkan asam lambung menjadi naik ke kerongkongan, agar asam lambung dapat bekerja dengan baik maka anda harus mengonsumsi tidak berlebihan. 

BACA JUGA : Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

Tetapi jika sudah asam lambung naik disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu asam lambung naik lagi seperti hindari minum kopi, coklat, alkohol dan makanan yang pedas.

Hindari Merokok Dan Berbaring Setelah Makan

Asam Lambung Naik


Bagi penderita atau yang belum terkena asam lambung naik sebaiknya kurangi untuk merokok dan berbaring setelah makan. Di lansir dari Alodokter.com Jika merokok dan berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung tidak berfungsi kurang baik sehingga mudah terjadinya asam lambung naik ke kerongkongan sebaiknya berikan jeda selama 3 jam setelah makan.

Hindari Menggunakan Pakaian Yang Ketat

Asam Lambung Naik

Walaupun masih di anggap remeh oleh masyarakat tetapi memiliki dampak yang buruk bagi lambung. Karena jika menggunakan pakaian yang ketat khususnya bagian perut anda maka lambung akan mendapatkan tekanan dari pakaian ketat tersebut sehingga dapat menyebabkan isi lambung dapat naik ke kerongkongan dan muntah, jadi sebaiknya menggunakan pakaian yang tidak ketat.

Hindari Melakukan Gerakan Pada Bagian Perut Setelah Makan

Asam Lambung Naik


Jika sudah selesai makan sebaiknya jangan melakukan gerakan yang berlebihan pada bagian perut akan dapat membuat lambung tidak bekerja dengan baik karena setelah makan lambung membutuhkan waktu sekitar 2 - 4 jam untuk mencerna makanan.

Jika melakukan gerakan berlebihan maka isi lambung bisa naik ke kerongkongan sehingga bisa muntah.

Hindari Stres Berlebihan

Penyebab Asam Lambung Naik


Secara tidak sadar street merupakan salah satu penyebab asam lambung naik ke kerongkongan, karena saat stres tubuh akan memproduksi hormon stres. Penyebab anda menjadi stres seperti kurang tidur, masalah ekonomi, masalah keluarga, tekanan pekerjaan dan masih banyak lainnya. Jadi bagi penderita asam lambung harus mengurangi stres secara berlebihan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Terhindar Dari Asam Lambung Yang Naik

Trending Now

Iklan